Jumat, 13 Januari 2012

Simbol Perayaan


Sekarang lagi booming banget ngebahas tentang simbol-simbol iluminati. Yang tanpa sadar banyak banget di kehidupan sehari-hari kita. Sekarang aku nggak akan ngebahas symbol-simbol itu. Soalnya kalau dipikirin malah bikin pusing. Mending ngebahas simbol beberapa perayaan yang sering diliat di film-film.

Festival Holi

Holi merupakn festival untuk merayakan musim semi di India. Pasti sering liat dong di film-film India *aku pernah nonton di film Mohhabatein yang ada Sahrukhan sama Aiswaryarai-nya. Dimana orang-orang saling melempar bubuk warna-warni sampai badan penuh dengan warna. Tradisi ini biasanya dilakukan dijalan-jalan sambil menyanyikan lagu-lagu Bollywood. Biasanya jatuh pada akhir februari atau Maret. Bubuk warna warni ini melambnagkan semangat menyambut musim semi. Selain itu warna-warna ini menandakan harapan agar kegembiraan masuk kedalam kehidupan dan rumah kita untuk musim selanjutnya.

Warna warni Holi


Festival Songkran

          Di film “Trafick Love Bangkok” di certain kalau sie cewek nggak ikut liburan tahun baru bareng keluarganya karena pengen ngedate sama cowok yang ia suka. Misinya berhasil dan mereka berdua ngedate sambil maen-maen air di jalan. Kalau diliat dari cerita itu ngapain gitu geje banget siram-siram air di jalan.
          Ternyata siram-siraman air dijalan itu buat ngerayaain Festival Songkran yang jatuh pada tanggal 13-15 April *pengen banget ke Thailand pas tanggal-tanggal segitu…asik. Menurut sebuah perhitungan tanggal segitu merupakan tahun baru bagi wilayah Asia Tenggara. Jadi festival Songkran sebenarnya perayaan tahun baru. Ritualnya semua orang berhak minyiram siapa pun. Biasanya niat banget ampe bawa tangki air ke jalan, pake pistol-pistolan air. Makna dari festival ini adalah membersihkan. Makanya media yang di pakai adalah air. Orang Tahiland percaya bahwa tahun baru merupakan saat yang tepat untuk membrsihkan diri untuk menjadi pribadi yang baru.

Festival Songkran


Festival Bulan

Festival ini diadakan di hari ke 15 bulan 8 di kalender Cina ketika bulan bersinar terang. Festival ini dirayakan dengan memasang banyak lampion, melihat bulan, berdansa, dan pastinya makan kue bulan. Kue bulan dipilih karena festival ini identik dengan bulan. Kue ini kata aku sih rasanya mirip kue keranjang. Cuman yang beda kue bulan ada isi kuning telur didalamnya. Biasanya emat buah kuning telur. Dimana empat kuning telur melambangkan empat fase bulan. Biasanya diatas kue bulan ditulis tulisan cina seperti “kebahagian”, “panjang umur”, dan beberapa harapan lainnya.


Kue Bulan

Ketupat Lebaran

          Bagi yang muslim siapa sie yang nggak tau ketupat. Biasanya dimakan waktu lebaran idul fitri. Dimakan dengan opor ayam, sambal goreng hati, sayur nangka, dan sayaur labu. Tradisi makan ketupat berasal dari masyarakat jawa yaitu kupat luar. Kupat yang berasal dari kata “pat” yang artinya kesalahan. Jadi maksudnya ketika makan ketupat kita diingatkan telah dibersihkan dari kesalahan.
          Rasa ketupat tiap daerah beda lho dari yang pernah aku makan. Kalau di Kalbar terutama di Sintang. Bikin ketupat direbus dengan santan dan bumbu-bumbu terus ketupatnya dari ketan putih. Jadi ketupatnya enak banget nggak perlu pake opor, serundeng, atau sayur buat makannya. Tapi kalau di Jabar ketupat hanya beras biasa terus di rebus. Dan Aceh juga sama kayak di Jabar.


Ketupat dan Teman-temanya


Telur Paskah

Paskah adalah perayaan bagi umat Khatolik. Tradisi yang biasa dilakukan adalah menghias telur secantik mungkin lalu di sembunyikan dan dicari. Setiap orang mesti berlomba mendapatkan telur sebanyak mungkin. Menggunakan telur karena melambangkan kesiapan manusia memulai kehidupan yang baru tanpa dosa. Dilihat dari telur yang menetas menjadi anak ayam. Jadi dikmaksudkan agar manusia bersih dari dosa.


Telur Paskah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar