Minggu, 15 Januari 2012

Melawan Mitos Nenek ku


Ini sedikit cerita bodoh tentang aku dan beberapa mitos yang beredar di masyarakat Indonesia khusunya di kota yang kecil dan jauh dari ibu kota serta kadang-kadang Peta Rupa Buminya nggak ada di jual di museum Geologi atau Bakosurtanal yaitu Sintang kota Bersemi.

Suatu ketika aku lagi makan nasi goreng. Sambil berdiri di depan jendela. Nenek aku langsung berkhodbah. “oi Long…jangan makan sambil berdiri nanti suami mu di ambil orang”. Waktu itu aku ia-ia aja soalnya masih kelas 3 sd sih. Sebenarnya nenek aku ngelarang itu ada benarnya, tapi bukan karena nanti suami aku bakal di ambil orang. Tapi takut makanan yang lagi aku makan bakal tumpah.

Terus suatu hari yang cerah dan panas. Aku mandi lah di kamar mandi di rumah nenek ku. Waktu sd aku tinggal sama nenek bukan sama mami atau ayah ku. Jadi tokoh utama dalam cerita ini nenek ku yang cerewet tapi nggak pelit..hahaha. aku memang suka nyanyi kalau lagi dikamar mandi. Terus mulai lagi lah nenek aku yang waktu muda mirip Ayu Sita ini berkhodbah lagi “Long…nggak boleh di kamar mandi sambil nyanyi, nanti kamu dapat suami tua.” Semenjak itu tiap mandi aku selalu tutup mulut. Entah pake apa aja yang bisa di pake buat nyumpelin mulut aku biar nggak lalalili di kamar mandi. Jadi keluar kamar mandi kayak abis di sekap penjahat*becanda saudara-saudara. Kagak mau dong aku nantinya dapat suami yang udah tua. Kalau pesan dari mitos ini sih cuma biar nggak berlama-lama di kamar mandi. Soalnya kan pada banyak yang mau mandi. Tapi aku nekat aja ampe sekarang kalau dirumah suka sambil nyanyi dan muter mp3 sambil mandi nanti kita liat aja aku dapet suami tua apa nggak*amitamit jabang jobong…


Tertimpa cicak  artinya sial…wua…. ini yang paling bikin aku geli. Pernah di sekolah pas lagi bikin madding aku kejatuhan cicak. Alhasil wajah aku langsung pucat bagai mayat dan ngejerit-jerit histeris. Sebenernya kejatuhan cicak nggak lantas bikin nasib kita sial. Yang bikin sialnya ya kejatuhan cicak itu.


Sumpah ini bukan nenek aku

Waktu dahulu kala aku dan adek semata wayang ku Dias Khairina Sabila *kita sama-sama bernama dias. Tapi nama adek ku lebih bagus kalau menurut aku. Maen-maen payung di dalam rumah. Kita joget-joget lah kayak putri Jepang. Dateng lah tante aku langsung berkhotbah “pamali pake payung di dalam rumah nanti ada keluarga yang meninggal” serem amat kan mitosnya. Padahal logikanya mah gini. Kalau pake payung di dalam rumah takutnya besi-besi yang di ujung payung itu kena mata orang yang kebetulan lewat. Kan bisa berabe gitu. Masalah meninggalnya seseorang Cuma tuhan aja kok yang tau. Belum ada ceritanya sih di tentuin sama payung.

Nah…ini mitos favorit kebanyak orang. “jangan duduk di depan pintu nanti jodohnya susah atau jodohnya di ambil orang” padahal logikanya takut ngehalangin orang yang mau lewat..hahahaha…
“Jangan bersiul dimalam hari” katanya bisa memanggil hantu. Aku pernah di marahin bapak-bapak temannya kakek ku yang kebetulan main ke rumah. Aq lagi siulan gitu, eh dia marah, pidato panjang lebar. Bilang cewek nggak pantes siulan lah, nanti bisa dateng hantu lah, apalah…jelas aja aku bengong. Nie bapak-bapak ngomong naon sih dalam hati aku. Logikanya mah sebenernya nie siulan malam-malam itu takut ngeganggu orang yang lagi tidur. Kalau masalah hantu atau setan mah jangn di tanya. Nggak di panggil juga udah deket sama kita*hayo..liat sebelah kiri anda biasanya setan di sebelah kiri..hihihi..

“Nggak boleh pake benda tajam malam-malam”. Waktu kecil aku suka banget main boneka Barbie. Aku suka bikin bajunya sendiri. terus ngejait sama ngegunting kain-kain perca. Waktu itu abis belajar aku bikin baju Barbie. Nenek aku *kembali ke tokoh utama cerita ini, langsung blahbloh bilang nanti bisa ketusuk setan kalau pake benda-benda tajam malam-malam. Pas waktu itu tante aku mau masak kornet soalnya aku laper. Jadi dia masakin kornet buat aku. Langsung aja aku balik marah ke Tante aku, “nggak usah buka kornet pake pisau dapur Tan. Nanti di tusuk hantu”. Tante aku bengong ngeliat aku yang masih bocah itu udah protes panjang lebar dan otomatis bengong ngebuka nie kornet pake apa. Langsung aja tante ku laporan ke nenek. Nenek aku mati kutu gitu lho, kan dia sendiri yang bilang nggak boleh pake benda tajam malam-malam…hahahaha. Logikanya nenek aku masih kuno. Orang zaman dulu kan nggak ada listrik. Jadi kalau pake benda tajam malam-malam takut nusuk diri sendiri. bukan di tusuk hantu.

Nah… sekian pemirsa beberapa cerita konyol ku tentang mitos yang beredar di masyarakat kita. Kebanyakan mitos memang benar, tapi liat dulu dari sisi kebenaran menurut logikanya bukan menurut mistisnya.


2 komentar: